Trik Memancing Ikan Kacang Kacang

Ikan Belanak


IKAN BELANAK

(Mengenal Ikan Belanak dan Cara Mudah Memancingnya)


Klasifikasi Ikan Belanak 

Klasifikasi ilmiah sebagaimana ditulis diwikipedia, ikan belanak dapat dijelaskan sebagai berikut :

Kingdom : Animalia
Filum       : Chordata
Kelas       : Actinopterygii
Ordo        : Mugiliformes
Famili      : Mugilidae
Genus      : Moolgarda
Spesies    : M.Seheli

Nama Binomial : Moolgarda seheli

Ini klasifikasi yang dibuat oleh Forsskal tahun 1775


ADA JUGA YANG KLASIFIKASI LAIN :


Kingdom : Animalia
Filum       : Chordata
Class        : Actinopterygii
Order       : Mugiliformes
Family     : Mugilidae
Genus      : Liza
Spesies subviridis 

Sedangkan yang ini adalah klasifikasi yang dibuat oleh Valenciennes tahun 1836

Ikan Belanak

Gambar Ikan belanak


Ciri umum :

Ikan belanak secara umum nampak mirip sekali dengan ikan bandeng kecil, ikan belanak berbentuk  panjang langsing dan gepeng. Bagian atas kepalanya rata, bibirnya kecil mungil sehingga kalau kita mancing harus mata kail kecil misalnya no. 3,4 dan 5. Ikan belanak ada yang mempunyai gigi gigi halus ada juga yang tidak ada giginya. Ekor ikan 

Tubuh bagian belakang berwarna kehijau-hijauan atau abu-abu kecoklatan, pada bagian sisi dan perut berwarna keperakan; pinggiran belakang sirip ekor berwarna hitam; pada permulaan sirip dada terdapat spot biru Moolgarda delicatus. Ikan belanak bersisik cycloid atau ctenoid, bisa dengan jari-jari kecil di tepinya atau tidak, ujung rahang atas melengkung ke bawah dan terlihat pada saat mulutnya tertutup. 

Tempat Tinggal (habitat)

Ikan belanak menyukai daerah yang ada muara sungainya (ada air payaunya) karena banyaknya sumber makanan namun secara umum tinggal langsung di air laut (air asin). Di seluruh perairan di Indonesia ada ikan belanaknya. 

1. Masa Kecil 

Ikan belanak kecil sangat mudah dijumpai karena masih bermain di permukaan air dan banyak hidup di perairan dangkal, tepian pantai yang banyak tumbuhan air dan pohon mangrove dengan kondisi air yang tidak berarus dan sifatnya bergerombol. ketika air laut pasang ikan kecil kecil ini sangat aktif bergerak ke sana kemari untuk menangkap makanan di permukaan air sambil sesekali melompat dan berenang cepat menghindari ikan predator yang mengejarnya.

2. Ikan Belanak Besar (Babon Belanak)

Ikan belanak besar hidup di air sedikit lebih dalam dan tidak berarus, menyukai air yang tenang dan muara sungai. Ketika air laut lagi surut dan membawa banyak lumut dari tepian pantai terlihat banyak ikan belanak besar dengan bergerombolan yang saling berlomba menangkap lumut untuk dimakan. ikan belanak besar jarang menampakkan diri seperti halnya ikan belanak kecil, sifatnya sudah sangat liar (takut orang) dan memancingnyapun sudah agak sukar terutama bagi pemancing pemula. 

Cara Memancing/ Menangkap Ikan Belanak

Banyak cara memancing/ menangkap ikan belanak, namun yang paling harus diperhatikan ketika anda mau memancing ikan/menangkap ikan belanak adalah ada tidaknya ikan belanak di sekitar anda. 

Hal lain yang wajib diperhatikan adalah : 

1. Lokasi memancing 

Banyak lokasi memancing ikan belanak, namun yang paling penting adalah lokasi yang sudah dikenal banyak ikan belanak bermain/tinggal disitu. Biasanya langsung dapat dilihat di permukaan air ada atau tidaknya gerombolan ikan belanak, biasanya kalau banyak nampak yang kecil kecil kemungkinan besar ikan belanak besarpun ada di sekitar itu namun di air yang lebih dalam tentunya. 

2. Teknik Memancing

Banyak teknik memancing ikan belanak; diantara dengan pancing gancu/garong, teknik mancing biasa dengan 1 mata kail, teknik mancing dengan mata kail dirangkai (lebih dari 3 mata kail).

selain itu juga yang lagi laris manis adalah dengan teknik menggunakan perangkap ikan belanak berupa botol plastik. yang dapat dilihat di youtube dan dapat dibuat dengan mudah setiap orang. 

3. Waktu Memancing

Waktu yang paling tepat memancing ikan belanak adalah ketika air mulai pasang naik, ketika air tenang dan ketika air mulai surut. 

4. Cuaca

Cuaca yang paling penting ketika memancing belanak adalah tidak hujan dan tidak berangin kencang, karena dengan hujan dan angin kencang menimbulkan pergerakan air di permukaan dan belanak susah untuk menangkap umpan. 


Untuk lebih jelasnya cara memancing/menangkap ikan belanak dengan botol plastik, silahkan simak di postingan selanjutnya, cara memancing belanak dengan botol plastik yang nanti ditulis sesuai dengan pengalaman penulis blog yang sudah 5 tahun lebih memancing ikan belanak dengan botol. 

======Selamat Menangkap Ikan Belanak, Semoga Selalu Beruntung======























Komentar