Trik Memancing Ikan Kacang Kacang

Garong Ikan Belanak

MEMANCING BELANAK TEKNIK GARONG

Related image

1. PERSIAPAN PANCING

Memancing Ikan Belanak dengan teknik garong/gancu sangat mudah dilakukan namun wajib berhati hati dan waspada karena jangan sampai senjata makan tuan. Hendak memancing ikan namun yang terpancing mas bro sendiri (mudah mudahan ini tidak pernah terjadi, Aamiin).
Oke Mas Bro biar tidak kemana mana kita kembali ke pokok bahasan yaitu persiapan pancing ikan Belanak dengan teknik garong.

Yang perlu mas bro siapkan adalah :

  • Joran

Joran yang digunakan mas bro lebih baik yang agak panjang dan kaku dengan ukuran kira kira 450cm usahakan juga menggunakan joran yang ringan tapi kuat.

  • Reel

Gunakan spining reel ukuran type 4000 – 8000 atau dengan kapasitas spool 200 – 300 meter (0,32mm).

  • Senar / kenur

Untuk senar Gunakan senar ukuran 0,28 – 0,35mm. Hindari penggunaan senar dengan diameter diatas 0,40mm dan PE ( kecuali digunakan sebagai Leader ).

  • Bandul atau pemberat

Gunakan ukuran yang efektif 60 – 100 gram, karena arus bisa berpengaruh juga dengan pemberat.





























  • Kail

Mata kail yang digunakan adalah mata kail garong yaitu jenis mata kail yang digabungkan dari beberapa mata kail bisa 2, 3, 4, 5 dan 6 mata kail sekaligus yang dirangkai dengan teknik khusus, kalau mas bro belum bisa merangkai sendiri bisa langsung dibeli di toko pancing namun di toko kebanyakan hanya menyediakan mata kail garong dengan tiga mata kail yang disatukan. Untuk ukuran mata kail garong ini lebih baik yang agak besar kalau tidak menggunakan umpan, namun kalau menggunakan umpan boleh mas bro gunakan yang kecil saja. 

  • Leader

Usahakan menggunakan no 40 keatas karena wajib kuat kan dengan gaya pancing yang disentak sentak dikhawatirkan bisa putus kalau line nya kecil.

  • Kili – kili / swivel
Kili kili digunakan hanya untuk menghindari agar line/leader tidak sampai keriting. Gunakan ukuran yang sesuai dengan leadernya.


2. RANGKAIAN MATA PANCING GARONG IKAN BELANAK

Ada beberapa jenis rangkaian untuk teknik mancing garong, untuk lebih jelasnya bisa mas bro lihat pada beberapa gambar dibawah ini:

Image result for memancing teknik garongRelated image


3. UMPAN 
Memancing teknik garong tidak selalu membutuhkan umpan, apalagi kalau mancing ikan belanak dengan menggunakan mata kail garong ukuran besar, yang biasanya dipakai untuk memancing ikan belanak yang lagi kerumunan dan bermain-main di atas air.

Kalau mas bro mau mancing dengan mata kail garong ukuran kecil bagusnya menggunakan umpan, untuk umpan yang paling sering digunakan oleh para pemancing belanak adalah tepung terigu, roti tawar dan lumut. Juga boleh mas bro beli umpan jadi di toko toko pancing di tempat mas bro atau beli online (hati-hati banyak penipuan). 

Komentar