Trik Memancing Ikan Kacang Kacang

Mancing Tenggiri Khas Rakit Apung Trienggadeng Pijay


Ikan Tenggiri merupakan salah satu ikan yang sangat digemari (favorit) masyarakat karena tekstur dagingnya yang sangat lezat dan lembut. 

Ikan Tenggiri juga sangat diburu para pemancing karena itu memancing ikan Tenggiri harus memiliki teknik khusus yang mampu menaklukkan perlawanan ekstra kuat ketika "fight" denga tenggiri. Hal yang lazim ditemui oleh para pemancing pemula adalah pancingnya duluan putus sebelum ikan tenggiri mendarat.

Banyak persiapan yang mesti dilakukan oleh para pemancing, terutama kualitas pancing yang digunakan harus kuat dan tahan ikan dengan gigi tajam. 

Untuk memudahkan anda semua para pemancing pemula menaklukkan ikan Tenggiri bisa dilakukan persiapan sebagaimana langkah berikut ini. Persiapan dibawah ini sebagaimana lazim dilakukan oleh para pemancing senior/ ahli di Rakit Terapung, Trienggadeng, Pijay.

1. Persiapan Pancing
- Joran
Joran yang dianjurkan adalah 
- Tali utama (Mine Line)
    Sangat dianjurkan menggunakan tali utama yang kuat seperti PE, minimal no 2.

-  Leader
Leader yang digunakan haruslah panjang dan kuat, seperti halnya di Rakit Apung Trienggadeng ini kebanyakan pemancing menggunakan tali leader lebih kurang 10 meter. 

- Dawai/ Kawat tembaga
Khusus untuk mendapatkan ikan Tenggiri semua pancing wajib menggunakan kawat tembaga dibawahnya sebelum.mata kail (hook). Kawat tembaga ini bisa digunakan yang agak kecil agar mudah mengikat mata kail. Panjang kawat tembaga cukup 10 cm agar tidak menakutkan ikan Tenggiri.

- Pemberat
Pemberat (timah) boleh tidak digunakan karena prinsipnya sudah berat dengan umpan yang Mas Bro Pasang.

- Pelampun
  Pelampung yang digunakan sebaiknya yang besar dan bulan lonjong gunanya agar pelampung tetap bertahan di atas air walaupun ditarik tarik sama umpan hidup yang mas Bro pasang. Jarak pelampung dengan umpan biasanya diukur dengan tinggi permukaan air, misalnya tinggi permukaan air 30 meter dari dasaran maka pelampung di set 15 meter.

- Stopper
Stopper yang digunakan adalah yang kecil agar mudah ketika tali line digulung atau ketika dibuka. 

2. Persiapan Umpan
Persiapan Umpan sangat perlu dilakukan dengan baik, karena umpan yang tepat akan mempercepat hasil strike yang bagus. Para pemancing tenggiri  senior di Rakit Apung Trienggadeng Pijay memilih ikan hidup sebagai umpan ikan Tenggiri, cara mudah mendapatkan umpan adalah dengan membawa serta pancingan gotrekan/ sabiki, jenis ikan yang paling cepat disambar tenggiri adalah "ikan kembung" dan sejenis nya sering di Aceh disebutkan dengan ikan "jeunara".

Dalam keadaan hidup, ikan kecil umpan ini dikaitkan dibagian tengah atas hingga dapat bergerak seimbang di dalam air.

3. Persiapan lainnya. 
Persiapan lainnya adalah kelengkapan anda sebagai pemancing, misalnya pelampung dan makan minum anda.







Komentar